Suami Idaman Istri

Admin | Kamis, 01 Mei 2014 00:00 WIB | 8.569 kali
Suami Idaman Istri Untuk mewujudkan tatanan Rumah Tangga yang harmonis, tentram dan penuh kasih sayang, maka diperlukan pasutri yang memahami hak dan kewajiban masing-masing. Seorang suami yang Sholih harus mengetahui kewajiban dirinya kepada istrinya serta hak istri yang harus dipenuhinya.

Maka, diantara hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang suami yang SHALIH, sbb:

  1. Bertaqwa kepada Allah dalam bermuamalah/bergaul dan memperlakukan istrinya. Karena istri adalah amanah yang akan dipertanyakan oleh Allah Ta`ala pada hari Kiamat. Rasulullah bersabda [yang artinya]: “Perlakukanlah wanita2 itu dengan baik.” (Muttafaq ‘alaih)
  2. Sorang suami Sholih memiliki perangai dan tabiat yg mulia. TIDAK suka mencaci, menjelek-jelekan dan mendiamkan istrinya jika ada masalah. Nabi bersabda [yang artinya]:
  3. “Janganlah seorang mukmin membenci seorang mukminah, jika ia tidak menyukai suatu perangainya, maka ia akan menyukai perangai yang lain dari dirinya.”(HR.Muslim)
  4. Berlaku baik dan sabar dalam bermuamalah/bergaul dengan istrinya dan tidak berbuat zhalim.
  5. Memilik kecemburuan terhadap istrinya dan tidak berlebihan.
  6. Bijaksana dalam menyikapi dan kekeliruan istrinya jika istrinya melakukan kemaksaiatan/kemungkaran
  7. Memberikan nafkah yang baik dan layak, dan bersikap pertengahan (Lihat. QS. Al-Isra`: 29) Nabi pernah ditanya tentang hak istri atas suaminya. Beliau menjawab [yang artinya]: “Kamu memberi makan kepadanya, jika kamu makan dan kamu memberi pakaian untuknya jika kamu memakai pakaian. Dan jaganlah kamu memukul wajah, menjelekannya dan jangan pula mendiamkannya kecuali di dalam rumah.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)
  8. Mengetahui fikih (hukum Islam) seputar kewanitaan dan mengajarkannya kepada istrinya jika ia belum mengetahuinya.
  9. Menjauhkan diri dari menyebarluaskan rahasia-rahasia hubungan pasutri. Nabi bersabda [yang artinya]: “Sesungguhnya diantara manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari Kiamat adalah seorang suami yang menggauli istrinya dan istrinya menggaulinya, lalu ia sebarkan rahasia istrinya.” (HR. Muslim)

Inilah diantara hal-hal yg perlu dimiliki oleh seorang suami. Semoga bermanfaat. Wallaahu a`lam.

@DakwahAlSofwa


Yuk Bagikan :

Baca Juga

Kalimat Motivasi Kang Dudung
Kamis, 14 Agustus 2014 13:57 WIB
Perbedaan Perilaku Antara Sukses Dan Gagal
Selasa, 22 Juli 2014 14:25 WIB
Motivasi Itu Urusan Hati
Selasa, 08 Juli 2014 03:26 WIB
Kritiklah dengan Hati
Selasa, 24 Juni 2014 14:22 WIB